Kapal tradisional berbahan kayu jati dan kayu besi dengan dua tiang layar, kekuatan, kenyamanan dan keindahannya, mampu memberikan kenangan tersendiri selama pelayaran bersama kami.

Menginap diatas kapal adalah pilihan populer untuk berwisata di Taman Nasional Komodo. Apik phinisi dengan fasilitas ruangan AC, kamar mandi yang bersih lengkap dengan shower, makanan sehat, halal dan lezat.

Taman Nasional Komodo, keindahan pantai dan taman lautnya dengan memiliki 50 lebih tempat snorkeling dan menyelam kelas dunia. Dapatkan pengalaman snorkeling luar biasa yang belum pernah anda lihat sebelumya.

APIK PHINISI

Phinisi adalah kapal yang terbuat dari bahan kayu dengan dua tiang layar utama serta 7 lembar layar, berasal dari Bulukumba Sulawesi Selatan. Asal usul kapal phinisi yaitu pada saat Putra Kerajaan Luwu yang bernama Sawerigading, kembali dari meminang putri dari tiongkok kapalnya diterjang gelombang pecah menjadi 3 bagian dan terdampar tersebar di pantai Bira, pantai Lemo dan pantai Ara. Satu bagian dari kapal phinisi terdampar di Tanah Beru maka sampai sekarang menjadi sentra pembuatan kapal phinisi, sedangkan layarnya terdampar di pantai Bira makanya orang-orang Bira ahli dalam berlayar. Bagian bagian dari kapal yang lain banyak terdampar di pantai Ara, sekarang desa ini merupakan tempatnya para ahli pembuat kapal phinisi.
Dalam perjalanan waktu phinisi menjadi alat transportasi laut yang sangat tangguh, saat ini phinisi mengalami banyak perubahan bentuk dan fungsi salah satunya Komodo Travel membuat Apik phinisi sebagai kapal pesiar untuk melayani wisatawan.

Pembuatan Apik phinisi

pinisi

Apik phinisi dibuat di galangan kapal tradisional terbesar di Bira kabupaten Bulukumba Sulawesi Selatan. Phinisi ini dikerjakan oleh tukang perahu desa Ara yaitu desa yang mayoritas penduduknya memiliki keahlian membuat kapal phinisi. Pembangunan di mulai sekitar akhir bulan september 2011, tepatnya tgl 25 September 2011 acara pemotongan lunas kapal dilaksanakan. Selanjutnya lembar demi lembar papan kayu besi dipasang bersusun mulai dari lunas, hingga terbentuklah lambung kapal phinisi. Pada bulan April 2012 Apik phinisi diturunkan ke laut. Selanjutnya phinisi ini dilanjutkan pengerjaan interiornya, pada bulan Agustus kapal berlayar perdana mengarungi lautan dari dermaga Bira menuju Labuan Bajo – Komodo. Pada tanggal 12 Desember 2012 awal mulainya  Apik phinisi beroperasi.

 

Spesifikasi Apik Phinisi

apik komodo liveaboard

Apik phinisi memiliki panjang  atas 18 meter sedangkan panjang keseluruhan 20,5 meter dengan lebar 4 meter. Apik phinisi dibuat dari kayu Besi dan Jati, dengan 2 tiang layar. Kapal ini bermesin Mitsubishi 6 silinder dengan kekuatan 170 tenaga kuda. Untuk kebutuhan energi terpasang generator silent 7,8 kw dan generator open 3 kw 220v. Phinisi ini mampu menampung 1500 liter air bersih untuk kebutuhan diatas kapal. Untuk keamanan kapal tersedia pemadam kebakaran dan pompa air. Alat navigasi Apik phinisi di lengkapi dengan Sounder, fishfinder, gps dan kompas. Untuk keselamatan tersedia lifejacket dan pelampung penolong.

 

 

 

 

Fasilitas Apik phinisi

apik phinisi

Phinisi ini di desain untuk grup keluarga atau  grup kecil, dengan 1 kamar tidur untuk 2 orang, dan 2 kamar tidur masing-masing untuk 1 orang, setiap kamar tidur dilengkapi dengan pendingin AC. Kami memiliki 2 kamar mandi dengan WC duduk serta di lengkapi dengan shower. Ruang makan dalam phinisi ini dilengkapi dengan pendingin AC. Untuk menyiapkan hidangan yang sehat kami memasak dengan air mineral, serta dilengkapi dengan lemari pendingin dan freezer  untuk menyimpan stok makanan. Pastikan rencana anda berwisata komodo bersama kami, keindahan dan kenyamanan Apik phinisi menjadikan kenangan tersendiri dalam liburan anda.

 

 

Hubungi  PT. Komodo Travel

PT. Komodo Travel 
Alamat Jl. Soekarno 50 Labuan Bajo - Komodo – NTT – Indonesia Kp.86554. 
Telp (0385) 41480 Fax (0385) 41580 Hp. 085 253 254 255
Email: info@komodo.co.id  
website: www.komodo.co.id

TESTIMONY

komodo liveaboard snorkeling

 

apik testimony

"Sungguh sangat menyenangkan liburan kami 3-5 Agustus 2013 yang lalu ke Pulau Komodo dan sekitarnya dengan menggunakan Kapal Apik Phinisi. Saya pergi bersama istri (Asri Sekartaji) dan 3 anak saya:Duta (12 th), Akira (11 tahun) dan Arka (5 tahun). Kondisi kapal yg menurut saya sangat baik: 3 kamar tidur yg semua ber-AC (2 kamar dgn bed ukuran utk 1 org+1 kamar dgn bed ukuran 2 orang), toilet yang bersih. Makanan dan minuman yg disajikan rasanya sungguh sangat cocok di lidah saya dan keluarga, ditambah porsi nya yg besar.

Peralatan snorkeling (mask,snorkel dan fin) dan life jacket lengkap semua disediakan. Bahkan untuk yg doyan mancing, ada peralatan mancing plus dengan umpannya. Semua crew kapal (terutama pemilik Kapal-Pak Anang-yg juga turut serta langsung dalam pelayaran) sungguh sangat ramah, selalu siap sedia melayani apapun kebutuhan kami dan sangat handal di bidang nya masing-masing.

Kami sekeluarga yang sangat suka snorkeling, bisa snorkeling di 4 tempat snorkeling yang berbeda: Pulau Kambing, Pink Beach-Pulau Komodo, Pulau Sebayur dan Pulau Bidadari. Saya sudah membandingkan dengan harga penawaran dari beberapa kapal lain yang sejenis, apa yg ditawarkan Apik Phinisi juga bisa dibilang yang paling bagus. Saya dan keluarga sangat puas, dan saya sangat merekomendasikan kapal ini untuk teman2 lain yang mau live on board di Pulau Komodo dan sekitarnya".

Bayuaji Basirin (Jakarta)

 

 

Petualangan kami dengan kapal Apik phinisi sangat luar biasa dari awal sampai akhir. Anang dengan anak buah kapal yang berbakat memastikan kami selalu diurus setiap saat dengan baik selama kami diatas kapal. Akomodasi sangat baik, makanan yang luar biasa, dan termasuk tambahan jus buah segar. Minuman dan makanan ringan yang menyenangkan sepanjang hari merupakan sentuhan yang bagus. Saya berharap secepatnya untuk kunjungan berikutnya dengan kapal ini.

Ross Camp (San Francisco USA)


KOMODO INFORMASI

BERITA WISATA

HOTEL - VILLA - RESTORAN

Hujan Mulai Guyur Labuan Bajo

Beberapa hari ini Labuan Bajo mulai diguyur hujan, sepanjang hari matahari tidak nampak. Hujan ini merupakan awal musim hujan yang baru dirasakan penduduk setempat lebih luas wilayah Taman Nasional Komodo. Namun cuaca masih cukup baik untuk pelayaran wisata ke Komodo karena kecepatan angin tergolong normal.

Hotel Berbintang Di Labuan Bajo

Saat ini hotel berbintang cukup banyak tersedia, salah satunya berada di kawasan pantai Pede sampai Gorontalo, bangunan mewah dengan pemandangan menghadap ke laut, lengkap dengan kolam renang, lapangan olah raga, dll. Harga yang ditawarkan cukup sepadan dengan fasilitas yang di dapat.

AKTIFITAS

KAPAL - PENERBANGAN - MOBIL

Pantai Merah Surganya Snorkeling

Snorkeling di Taman Nasional Komodo kurang lengkap kalau belum mencoba di pantai merah, taman lautnya yang indah serta warna warni ikan hias cukup banyak. Ikan pemakan karang cukup mendominasi, hal ini juga yang menyumbang pantai menjadi merah

KLM Apik Kapal phinisi Tradisional

Apik Phinisi salah satu kapal wisata yang beroperasi khusus di wilayah perairan komodo, kapal ini cocok untuk grup kecil atau keluarga. Dengan harga sedang fasilitas yang cukup lengkap, ruangan AC, kamar mandi bersih lengkap shower, makanan sehat dan halal.

BISNIS

ARTIKEL - PANDUAN

Berwisata Ke Taman Nasional Komodo

Kapal merupakan sarana utama menuju pulau komodo, bermacam macam bentuk, ukuran dan fasilitas kapal dapat ditemukan di pelabuhan. Harga kurang lebih sama untuk seukuran, namun yang perlu dipertimbangkan seberapa banyak rombongan anda, berapa lama menginap dikapal.

Ruko di Pusat Kota

Bangunan untuk kantor dan tempat usaha yang berada di sepanjang Jl. Soekarno-Hatta meningkat pesat. Jalan ini merupakan pusat bisnis pariwisata, banyak pengusaha asing membuka kantor usahanya. Saat ini banyak bangunan ruko baru yang disewakan oleh penduduk setempat.

Depan
Privasi
Ketentuan